PENGERTIAN ILMU DALAM ISLAM

2. ILMU
Kenapa ilmu sangat penting karena Telah kita sadari dan pahami bersama bahwa tugas pokok manusia sebagai hambah Allah yang di ciptakan dan diberi kesempatan menikmati kehidupan di dunia ini adalah beribadah kepada Allah .kewajiba ini harus di laksankan kapan saja,di mana saja dan dalam keadaan bagaimana saja , dan tidak boleh di tinggalakan dalam keadaan apapun,
Dengan demikian manusia dalam melaksanakan kewajiban beribadah kepada Allah tidak boleh menurut kehendaknya sendiri. Harus bener bener murni sesuai dengan perintah Allah dan tuntunan Rosulnya . Karna itu allah mewajibkan hambanya untuk mencari ilmu dan beribada berdasarkan ilmunya. Sebagaimana firman Allah swt:
Dan jangan engkau beramal apa yang tidak engkau ketahui ilmunya . sesunggunya pendengaran ,pengeliatan dan hati semua itu akan ditanya tentangnya. .( Q.S al isroa : 32)
Dan sabda Rosulullah saw:
Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap orang islam. [Al-Hadits]
Dan demikian sudah jelas bahwa kewajiban mencari ilmu merupakan bagian yang tidak terpisakan dari kewajiban yang harus di laksanakan setiap individu muslim tampa bisa di wakilkan apa lagi di tinggalkan.
Sebagaimana firman Allah ta'ala:

وا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Bahkan Allah menyatakan Hanya orang-orang yang berilmulah yang hatinya merasa takut pada Allah subhanahu wata'ala .

Ada pun cara mencari ilmu itu dengan belajar. Rosulullah bersabda:
Sesunggunya ilmu itu (di dapatkan ) dengan belajar dan sesunggunya kemurnian hati itu didapatkan dengan belajar(melatih diri) bermurah hati. (Al. hadis)
Karena Dengan belajar kita bertambah ilmu ,mengetahui haq dan batal benar dan salah ,halal dan harom seingga akan menambah kepahaman dan keimanan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar