LATAR BELA KANG IWAN FLAS

biografi
Nama Asli : Virgiawan Listanto
Nama Populer : Iwan Fals
Alamat : Jl. Leuwinanggung No.19
Cimanggis, Bogor, Jabar
Ayah : Haryoso (alm)
Ibu : Lies
Istri : Rosanna
Anak : Galang Rambu Anarki (alm)
Annisa Cikal Rambu Basae
Rayya Rambu Rabbani

SEKILAS TENTANG IWAN FALS:
Virgiawan Listanto yang akrab dipanggil Iwan Fals lahir tanggal 3 September 1961 dari ayah seorang tentara. Nama Iwan Fals sendiri sebenarnya berasal dari temannya “Engkus” di Bandung karena suaranya yang fales saat menyanyi di acara kawinan. Perjalanan karir musiknya, dimulai ketika ia aktif ngamen di Bandung. Ia mulai ngamen ketika berumur 13 tahun. Waktu itu ia masih SMP. Ia belajar main gitar dari teman teman nongkrongnya. Kalau mereka main gitar ia suka memperhatikan. Tapi mau nanya malu. Suatu hari ia nekat memainkan gitar itu. Tapi malah senarnya putus. Ia dimarahi. Sejak saat itu, gitar seperti terekam kuat dalam ingatannya.

Melihat teman-temannya jago main gitar, ia jadi iri sendiri. Ia ingin main gitar seperti mereka. Dari pada tidak diterima di pergaulan, ia nekat memainkan lagunya sendiri. Biar jelek-jelek, yang penting lagu ciptaanku sendiri, pikirku katanya.Untuk menarik perhatian teman-temannya, ia membuat lagu-lagu yang liriknya lucu, humor, bercanda-canda, merusak lagu orang. Setelah merasa bisa membuat lagu, apalagi bisa bikin orang tertawa, timbul keinginan untuk mencari pendengar lebih banyak. Kalau ada hajatan, kawinan, atau sunatan, ia datang untuk menyanyi.

Suatu ketika ada seseorang dari jakarta yang datang ke bandung menyadarkan iwan fals bahwa lagunya sudah banyak di bawakan oleh anak muda di jakarta. Kemudian iwan ke jakarta untuk rekaman atas anjuran teman-temannya sampai menjual sepeda motornya , akan tetapi lagu tersebut tidak laku disana sehingga iwan kembali mengamen sambil ikut-ikutan festival musik. Iwan sempat vakum karena kematian anaknya (Galang) Iwan Fals bangkit dari kesedihannya sampai akhirnya berhasil merampungkan album keseimbangan dengan hasil produksi sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar